KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN (Leadership dan Management)

 

a.      Kepemimpinan (konsep)

Secara umum definisi kepemimpinan dapat dirumuskan sebagai berikut. “Kepemimpinan berarti kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi, mendorong, mengajak, mununtun, menggerakan, mengarahkan, dan kalau perlu memaksa orang atau kelompok agar menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya suatu tujuan suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan”.

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok yang diorganisir menuju kepada penentuan dan pencapaian tujuan (Ralp M. Stogdill)

Kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak daripada semua sumber-sumber, dan alat yang tersedia bagi suatu organisasi (Sondang P. Siagian)

Kepemimpinan dalam organisasi berarti penggunaan kekuasaan dan pembuatan keputusan-keputusan (Robert Dubin)

Kepemimpinan adalah individu di dalam kelompok yang memberikan tugas pengarahan dan pengorganisasian yang relevan dengan kegiatan-kegiatan kelompok  (Fred E. Fiedler).

Kepemimimpinan merupakan sumbangan dari seseorang di dalam situasi-situasi kerjasama. Kepemimpinan dan kelompok adalah merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain. Tak ada kelompok tanpa adanya kepemimpinan, dan sebaliknya kepemimpinan hanya ada dalam situasi interaksi kelompok. Seseorang tidak dapat dikatan pemimpin jika ia berada di luar kelompok, ia harus berada di dalam suatu kelompok di mana ia memainkan peranan-peranan dan kegiatan-kegiatan kepemimpinannya. 

 

Konsep tentang kepemimpinan tampaknya lebih pada konsep pengalaman dan konsep kepemimpinan dapat di golongkan antara lain:

 

  1. Kepemimpinan sebagai fokus proses-proses kelompok

Keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam mengontrol proses dari gejala-gejala sosial. Melihat kepemimpinan sebagai sentralisasi usaha dalam diri seseorang sebagai cerminan kekuasaan dari keseluruhan. Kecenderungan pemikiran dari definisi-definisi di atas sangat berpengaruh di dalam mengarahkan perhatian terhadap pentingnya stuktur kelompok.

 

  1. Kepemimpinan sebagai suatu kepribadian dan akibatnya

           Pemimpin adalah seorang individu yang memiliki sifat dan karakter yang diinginkan oleh rakyatnya. Teori kepribadian cenderung memandang kepemimpinan sebagai akibat pengaruh satu arah. Mengingat bahwa pimpinan mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan para pengikutnya, maka biasanya ahli teori pribadi lupa menyinggung karakteristik timbal balik atau reciprocal dan interaksi dari atau dalam situasi kepemimpinan.

 

  1. Kepemimpinan sebagai tindakan atau tingkah laku

 Tingkah laku kepemimpinan sebagai tingkah laku yang akan menghasilkan tindakan orang lain searah dengan keinginannya dan tingkah laku seorang individu dapat mengarahkan aktivitas kelompok.

 

  1. Kepemimpinan sebagai bentuk persuasi

Kepemimpinan adalah pengelolaan manusia melalui persuasi dan inspirasi daripada melalui pemaksaaan langsung. Hal ini melibatkan penerapan pengetahuan mengenai faktor manusia dalam memecahkan masalah yang konkrit.

 

  1. Kepemimpinan sebagai alat mencapai tujuan

 Proses menciptakan situasi sehingga para anggota kelompok, termasuk pemimpin dapat mencapai tujuan bersama dengan hasil maksimal dalam waktu dan kerja yang singkat.

 

Lahirnya pemimpin memiliki dua kemungkinan berikut.

  1. Pemimpin yang hadir secara alami, yaitu manusia yang sudah ditakdirkan Tuhan untuk menjadi pemimpin, sebagaimana adanya pemimpin di Negara yang berbentuk kerajaan absolut. Kepemimpinan tidak dibentuk dan direncanakan, tetapi didasarkan pada keturunan.
  2. Kepemimpinan yang dibentuk oleh kelompok tertentu dan dibesarkan oleh situasi politik yang memberi kesempatan untuk menjadi pemimpin. Seseorang diuji secara demokratis dalam pertarungan politik dan pelatihan panjang dalam karier politiknya, sehingga ia terpilih menjadi seorang pemimpin. Keberlakuan kepemimpinan ini sangat kondisional dan situsional karena dalam waktu yang sudah direncanakan, kariernya akan berakhir, seperti seorang presiden yang kepemimpinannya diatur oleh Undang-Undang 1945, bahwa ia hanya berhak menjadi presiden untuk dua periode, itu pun harus melalui pemilihan umum.

 

Dengan konsep kepemimpinan tersebut, kepemimpinan dapat dipandang sebagai berikut.

  1. Penyebab berbagai kegiatan, proses atau kesediaan untuk mengubah pandangan atau sikap (mental/fisik) dari kelompok orang, baik dalam hubungan organisasi formal maupun informal.
  2. Seni, kesanggupan (ability) atau teknik untuk membuat kelompok bawahan dalam organisasi formal atau para pengikut atau simpatisan dalam organisasi informal mengikuti atau menaati segala perintahnya serta membuat mereka berantusias dan bersemangat untuk mengikutinya, bahkan berkorban untuknya.

 

  1. Implementasi Kepemimpinan Tingkat Dasar dan Menengah

Sebagai pemimpin anda harus menerapkan dengan kinerja kepemimpinan dan manajemen tugas; kemampuan Anda, kualitas pribadi, dilihat dari peran dan keadaan di mana Anda sedang kerja. Gaya kepemimpinan di sekolah dasar telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Kepala sekolah tidak lagi diharapkan untuk melaksanakan tugas kepemimpinan sendiri dan itu biasa untuk guru-guru lain dan sangat sering Gubernur juga terlibat dalam proses menetapkan tujuan dan menciptakan kebijakan serta mempertimbangkan bagaimana ini akan tercapai. Ukuran kebanyakan sekolah dasar memungkinkan untuk melibatkan sebagian besar guru dalam hal ini jenis diskusi dan ini membuat tugas kepemimpinan primer sekolah yang agak berbeda dari yang sekolah menengah.


  1. Kepemimpinan Wanita

Marshall dan Mitchell (1989) menemukan bahwa wanita lebih selaras dengan
masalah kurikulum, kepemimpinan instruksional, kekhawatiran guru, orangtua, keterlibatan, pengembangan staf, strategi perencanaan kolaboratif, masyarakat bangunan dan sejenisnya. Mereka menyimpulkan bahwa perempuan lebih mungkin untuk memiliki lanjutan karakteristik yang terkait dengan kepemimpinan yang efektif di sekolah-sekolah dari laki-laki. Hal ini tampaknya akan menjadi argumen untuk pengangkatan lebih, perempuan untuk posisi kepemimpinan di negeri ini juga!

Menurut J.I. Brown dalam “Psychology and the Social Order”, disebutkan bahwa pemimpin tidak dapat dipisahkan dengan kelompok, tetapi dapat dipandang sebagai suatu posisi yang memiliki potensi yang tinggi di bidangnya. Karakter seorang pemimpin mampu mengubah, mempengaruhi dan mengarahkan orang lain dalam mencapai satu tujuan yang memiliki visi dan misi yang kuat. Terwujudnya peran wanita dalam berkesempatan memegang peranan sebagai kepemimpinan membawa dampak yang mengarah lebih baik bahwa permasalahan akan kesetaraan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki. Dengan demikian, antara perempuan dan laki-laki memiliki akses yang sama dalam mencapai sebuah peran kepemimpinan.


  1. Skill dan Kompetensi Pemimpin

Kemampuan manajemen terbaik diperoleh melalui peningkatan bertahap dalam melakukan tanggunggung jawab sebagai seorang guru, sebaiknya dengan banyak kesempatan untuk bekerja dengan ahli dan berpengalaman rekan dan untuk membicarakan kinerja dan kemajuan. Keterampilan dan pengetahuan juga dapat diperoleh sebagai bagian dari skema pelatihan dan individu dapat berbuat banyak untuk meningkatkan kinerja mereka sendiri dengan mengamati orang lain di tempat kerja dan dengan mencoba ide-ide

Mereka akan menikmati belajar dan akan dikembangkan dalam pendidikan awal mereka pemahaman yang cukup tentang ide-ide yang mendasari di daerah utama pengetahuan manusia, cukup keterampilan yang mereka butuhkan dan bunga yang cukup di dalamnya untuk memungkinkan mereka untuk terus belajar.

Sementara itu, mereka akan mengembangkan keterampilan yang lebih umum studi. Mereka akan mampu berpikir hal-hal dan akan pandai memecahkan masalah, apakah ini masalah praktis atau yang akademis. Mereka akan memiliki kemampuan untuk belajar dari pengamatan di tangan pertama dan dengan mempertanyakan lainnya orang serta belajar dari buku-buku dan komputer. Mereka akan dapat untuk memilah ide dan informasi sehingga mereka dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah dan memenuhi tuntutan. Mereka akan memiliki ide-ide dan akan tahu bagaimana menggunakannya juga sebagai menerima ide-ide dari orang lain.

Mereka akan mengembangkan keterampilan komunikasi tingkat tinggi di sejumlah mode dan mampu tidak hanya berbicara dan menulis dengan lancar dan tepat tetapi juga menjadi terampil berkomunikasi melalui komputer, grafis, dan matematis melalui gerakan. Mereka akan menikmati dan mempraktekkan seni dan mengambil kesenangan dalam halus
keahlian. Mereka akan menikmati dan peduli terhadap lingkungan dan merasa tanggung jawab terhadap hal itu. Mereka akan belajar untuk hidup dengan orang lain, peka terhadap mereka, terampil dalam pemahaman dan bertanggung jawab dan peduli pada sikap. Mereka akan memiliki kemampuan untuk bekerja sama dan bekerja dalam berbagai peran dalam kelompok dan dan harus belajar mode demokratis perilaku. Mereka akan memiliki pengetahuan tentang bagaimana individu dan masyarakat berfungsi.

Segala sesuatu yang terjadi pada anak-anak, dan keluar dari sekolah, memberikan kontribusi untuk pengembangan dan pembelajaran mereka. Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk pendidikan kaum muda.

Kesimpulan Menganalisis tugas manajemen membuat mereka tampil separate- koleksi proses yang terjadi dalam konteks yang sama. Dalam prakteknya tidak seperti itu. Potongan-potongan dari teka-teki adalah bagian dari keseluruhan. Salah satunya adalah tidak pernah berurusan dengan hanya satu hal pada suatu waktu, tapi setiap tindakan dan situasi mengandung kemungkinan pertumbuhan untuk sejumlah tujuan. Kita harus menjadi terampil mengenali dan menggunakan situasi yang muncul.


DAFTAR PUSTAKA

 

Dean, John.1995.Managing the Primary School.New York : British Library

Dean, John.1993.Managing the Secondry School.New York : British Library

Indrafachru,soekarto,dkk.1983.  Pengantar kepemimpinan pendidikan. Surabaya: Usana offset   printing

Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 2004. Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saebani, Beni Ahmad.2014.Kepemimpinan.Bandung : Pustaka Setia

Rohmat.. 2010.  Kepemimpinan Pendidikan Strategi Menuju Sekolah Efektif, Yogyakarta: Cahaya Ilmu

Soetopo hendyat,dkk. 1984. Kepemimpinan dan supervisi pendidikan.  Malang : Bina Aksara

Wahjosumidjo,2002. kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDEKATAN OTORITER, INTIMIDASI, PERMITIF, BUKU MASAK DALAM MANAJEMEN KELAS

ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT PENDIDIKAN

PENDEKATAN EKLETIK DAN PRULALISTIK DALAM MANAJEMEN KELAS