RANCANGAN EVALUASI PROGRAM
2.1
Rancangan Evaluasi Program
Dengan
rumusan bahwa semua model evaluasi cocok untuk semua program umum maka kita tidak
perlu menganalisis contoh program umum, yaitu PMTAS dan PPLS, untuk dicocokan
dengan model-model evaluasi seperti yang dilakukan oleh program jenis
pemrosesan dan layanan. Dalam menerapkan model-model evaluasi, evaluator harus
menggunakan strategi yang umum, yaitu mulai dari identifikasi komponen dan
indikator.
Berdasarkan
kajian mengenai model evaluasi dan analisis model evaluasi yang diterapkan pada
berbagai program, dapat disimpulkan kalau program apapun dapat dievaluasi
dengan model apa saja. Dari analisi mengenai model-model evaluasi dapat
dipahami meskipun semua model tepat untuk diguanakan pada semua program, namun
ketepatannya berbeda. Ada yang betul-betul tepat, misalnya sama-sama menekankan
pada proses, tetapi ada juga yang seperti “dipaksa” tepat. Sebagai contoh,
model yang dikemukakan oleh Stake, deskripsi-pertimbangan, tampaknya dipaksa
tepat untuk program layanan karena dalam deskripsi-pertimbangan tidak
mengandung 3 unsur inti deskripsi (konteks-transaksional-berhasil).
Dalam
setiap kegiatan penting dan ilmiah sebaiknya memang ada rancangan. Bagian ini
membicarakan rancangan evaluasi program dengan batasan pengertian sebagai
sebuah rencana kerja yang dibuat secara rinci dan dijadikan pedoman kerja oleh
pelaksana evaluasi jika dikaitkan dengan model evaluasi, rancangan evaluasi
dibuat berdasarkan model yang sudah dipilih. Dikarenakan telah dibuktikan bahwa
model evaluasi dapat diterapkan untuk semua jenis program maka rancangan
evaluasi tersebut mengikuti program yang akan dievaluasi dengan model yang
sudah ditentukan.
- Sekilas
Tentang Rancangan Evaluasi
Berikut yang dapat
dijelaskan hal-hal yang dicantumkan dalam sebuah rancangan evaluasi, yaitu:
- Judul
Kegiatan
Menyebutkan
isi pokok kegiatan evaluasi yang mencantumkan nama kegiatan, program apa yang
dievaluasi (atau bagian dalam program) dan dapat juga mencantumkan model yang
digunakan serta menyebutkan unit dan lokasi program.
- Alasan
dilakukannya Evaluasi
Menjelaskan
adanya kebijakan tentang program yang menjadi obyek sasaran, perkiran adanya
hambatan tentang pelaksanaan atau alasan mengapa perlu melaksanakan evaluasi.
- Tujuan
Ada
dua bentuk tujuan, umum dan khusus. Dalam tujuan khusus disebutkan secara rinci
target yang harus dicapai dari evaluasi. Banyaknya butir tujuan tidak dibatasi,
tetapi menunjukkan batasan sekuran-kurangnya tiga kalimat, dan sebaiknya tidak
lebih dari lima kalimat.
- Pertanyaan
Evaluasi
Merumuskan
beberapa pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui kegiatan evaluasi.
- Metodologi
yang digunakan
Menjelaskan
tentang objek sasaran evaluasi yang dihasilkan dari identifikasi komponen
program dan indikator, sumber data, motede yang diguanakn, instrument yang
digunakan sebagai pelengkap motede pengumpulan data.
- Prosedur
kerja dan langkah-langkah kegiatan
Membicarakan
hal-hal yang terkait dengan proses yang akan dilalui oleh petugas evaluasi
program. Berdasarkan judul materi maka terdapat dua hal yang perlu dipahami,
yaitu:
a.
Prosedur kerja dan
b.
langkah-langkah kerja
Langkah-langkah
kegiatan, dari katanya, sudah dapat diketahui artinya, yaitu langkah demi
langkah semua kegiatan, sejak proses pemahaman terhadap program, menyusun
instrument dan menguji cobakan, mengumpulkan data, analisis data, dan menyususn
laporan. Agar pentahapan langkah dapat diketahui dengan jelas oleh para petugas
evaluasi dan pemberi tugas, uraian tentang langkah ini seyogyanya dilengkapi
dengan rencana operasi kegiatan atau rencana secara operasional. Dalam tampilan
rencana operasi ini tercantum langkah-langkah kegiatan yang ditunjukkan
langsung oleh jangka waktu dan saatnya. Tampilan penggalan waktu tidak
ditentukan secara pasti, dipertimbangkan dengan durasi waktu evaluasi, namun yang
umum adalah penggalan mingguan.
- Rancangan
Untuk Program Pemrosesan
Rancangan
evaluasi program baru dapat dibuat apabila sudah diketahui jenis program yang
akan dievaluasi dan model evaluasinya. Saat ini kita akan membuat rancangan
evaluasi program jenis pemrosesan, kita ambil contoh program yaitu program
kepramukaan. Sesuai dengan garis besar isi rancangan yang lalu maka rancangan
dimaksud adalah seabagai berikut.
a.
Judul Kegiatan
Evaluasi
Program Kepramukaan digugus Depan Sekolah X di Lokasi Y
b.
Alasan dilakukannya Evaluasi (Hanya
garis besar)
·
Program kegiatan sudah dilaksanakan
disekolah ini sejak (sebutkan dengan surat keputusan, jika ada)
·
Selama ini (sejak kapan) belum diketahui
keberhasilan program ini sehingga diperlukan adanya evaluasi program
c.
Tujuan Kegiatan
·
Tujuan umum : tujuan kegiatan ini adalah
untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program
kepramukaan di …
·
Tujuan khusus : bertitik tolak dari
tujuan umum tersebut, maka tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui
tingkat kemampuan pramuka (siaga, penggalangn tergantung tingkat sekolahnya)
dalam hal (sebut garis besarnya). Untuk lain-lain komponen, harap evaluator
menentukan sendiri faktor-faktor lain yang ikut menentukan keberhasilan
program. Hal penting untuk diketahui bahwa penyebutan komponen utama yang di
statuskan sebagai masukan sebaiknya didahulukan.
d.
Pertanyaan Evaluasi
Untuk
mengisi bagian ini, evaluator harus mengetahui dengan pasti tujuan khusus yang
baru saja dirumuskan. Untuk mempermudahkan permikiran dan kegiatan selanjutnya,
sebaiknya banyaknya (nomer) pertanyaan evaluasi ini disesuaikan dengan
banyaknya tujuan khusus. Dengan demikian, untuk program kepramukaan yang
dicontohkan ini dimulai dengan pertanyaan tentang kemampuan pramuka, kemudian dilanjutkan
dengan faktor-faktor penentu lainnya.
e.
Metodologi yang digunakan
Sebagai
obyek sasaran evalusi suah dimulai ketika merumuskan tujuan khusus juga ketika
kita merumuskan pertanyaan evaluasi. Bedanya dengan rumusan tadi, dibagian ini
objek sasarn harus benar-benar dirinci sampai indikator serta sub indikator,
karena kan dilanjutkan dengan penyususnan tabel hubungan antara
komponen-komponen- indikator-sumber data- metode-instrumen. Dalam menyusun
tabel ini evaluator harus cermat karena tabel tersebut akan dijadikan sebagai
bahan pertimbangan dalam memilih metode yang tepat dan penyusunan kisi-kisi
bagi instrument.
f.
Prosedur Kerja dan Langkah-langkah
Kegiatan
Sebelum
menuliskan prosedur kerja, evaluator perlu mencermati dahulu apa saja yang akan
dikerjakan selama melakukan evaluasi, sekaligus menuliskan pihak-pihak mana
yang akan didatangi, kelengkapan apa yang perlu disiapkan. Sesudah itu
evaluator baru mengurutkan kegiatan atau peristiwa yang pas. Kalau sudah
selesai mengurutkan kejadian, barulah evaluator dapat menentukan
langkah-langkah kegiatan. Jangan lupa, lengkapi rancangan dengan plan-on seperti yang sudah dicontohkan.
Hal lain yang diperlukan adalah batasan waktu atau jangka waktu kegiatan
evaluasi.
- Rancangan
Evaluasi untuk Program Layanan
- Judul
Kegiatan
Evaluasi
program koperasi sekolah di SMK X di kota Y
- Alasan
dilaksanakannya evaluasi
Dalam
sub bagian ini kita tuliskan jenis koperasi yang akan dievaluasi, konsumsi atau
simpan pinjam. Kuatkan penjelasan tentang koperasi dengan akta pendirian. Cari
bukti bahwa koperasi tersebut belum pernah dievaluasi atau bisa juga bukti
bahwa ada kesenjangan antara kenyataan dengan harapan sehingga perlu
dievaluasi. Tunjukkan kemanfataan evaluasi yang akan dilaksanakan
sekurang-kurangnya bagi pelanggan, selebihnya bagi program koperasi itu
sendiri.
- Tujuan
Kegiatan
- Tujuan
umum: tujuan kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang terkait
dengan keterlaksanaan program-program koperasi sekolah di kota Y
- Tujuan
khusus: (Misalnya jenis koperasi konsumsi). Bertitik tolak dari tujuan
umum maka tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui:
1.
Jumlah dari perilaku pelanggan
(banyaknya pengunjung yang datang sehari-hari, variasi pengunjung-guru,
karyawan, siswa, tamu sekolah, saat-saat ramai pengunjung dan saat-saat sepi,
keramahan pelanggan banyak dan jenis barang yang dibeli, dan sebagainya)
2.
Tingkat kepuasan pelanggan terhadap
layanan koperasi, dimulai dari keadaan pelanggan sendiri, sampai pendapat
pelanggan terhadap kualitas koperasi.
3.
Kualitas barang-barang yang dijual
(jenis, banyaknya tiap jenis, penataan, kondisi barang dan harga)
4.
Kondisi perlengkapan koperasi (jenis
perlengkapan, kondisi atau kualitas, penataan, dan perawatan)
5.
Kualitas layanan (Jumlah dan kualitas
yang melayani, jam layanan, dan cara melayani)
- Pertanyaan
evaluasi
Untuk
merumuskan pertanyaan evaluasi, evaluator perlu mengacu pada rumusan tujuan
khusus yang sudah disebutkan. Sebagai contoh misalnya tujuan khusus No.1, yaitu
jumlah dan perilaku pelanggan menjadi kalimat pertanyaan sebagai berikut.
Seberapa banyak dan bagaimanakan variasi pengunjung serta perilaku mereka dalam
berbelanja?
- Metodologi
yang Digunakan
Objek
sasaran evaluasi dalam program evaluasi penjualan adalah hal-hal yang sudah
disebutkan dalam tujuan khusus. Jika sudah terlatih mengidentifikasi sumber
data, tidak akan menemui kesulitan dalam membuat tabel hubungan antara
komponen-indikator-sumber data-metode-instrument, kemudian dilanjutkan dengan
membuat kisi-kisi penyusunan instrument.
- Prosedur
Kerja dan langkah-langkah kegiatan
Kita
sudah memahami objek sasaran dan metodologi evaluasi ini. Coba isilah bagian
nomor ini dengan membuat pengandaian jika koperasi tersebut ada di sekolah
dekat dengan tempat tinggal anda dan anda sendiri yang ditunjuk sebagai
evaluator.
- Rancangan
Evaluasi untuk Program Umum
Sesungguhnya
jauh lebih mudah mencari contoh program umum dibandingkan dengan mencari contoh
program jenis pemrosesan atau program layanan. Mengapa demikian? Karena kedua
program jenis pemrosesan dan layanan memilik kekhususan, sedangkan program umum
tidak. Apabila kita diminta mencari sebuah contoh program umum, tinggal
mengingat bagaimana persyaratan sebuah program.
Kita
ambil contoh program menggembirakan, yaitu program piknik. Acara ini
diselenggarakan oleh keluarga besar yang terdiri dari kakek nenek, berusia
lebih kurang 55-65 tahun yang dulu menikah dalam usia muda sehingga seusia
sekian masih sehat dan bersemangat, dengan 4 orang anak yang semuanya sudah
menikah dan masing-masing mempunyai anak 2-3 orang dengan tentangan usia dari
18 tahun yang terbesar dan yang paling kecil berumur 1 tahun. Marilah kita coba
menyusun rancangannya. Untuk menentukan sebuah rancangan, terlebih dahulu kita
tentukan apa jenis programnya apakah program pemrosesan? Layanan? Atau program
umum? Untuk acara piknik ini kita gunakan rancangan program umum.
a.
Judul Kegiatan
Evaluasi
Program Piknik Keluarga
b.
Alasan diadakannya evaluasi
Untuk
menulis latar belakang masalah, kita perlu tahu dan menjelaskan tujuan, alasan,
dan manfaat piknik bagi pihak keluarga tersebut.
c.
Tujuan kegiatan
·
Tujuan umum: Tujuan kegiatan ini adalah
untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program piknik
keluarga.
·
Tujuan Khusus: Untuk dapat merumuskan
tujuan khusus ini terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi komponen program
piknik, yaitu faktor-faktor yang mendukung suksesnya program.
1)
Sarana Pendukung
2)
Peserta Piknik
3)
Acara Kegiatan
4)
Lokasi Piknik
d.
Pertanyaan Evaluasi
Dari
rumusan tujuan khusus yang sudah disajikan diatas, coba kita rumuskan pertanyaan
evaluasinya. Jangan lupa bahwa rumusan harus merupakan kalimat pertanyaan dan
rumusan seutuhnya harus diupayakan sedemikian rupa sehingga bermakna dan
berbunyi manis.
e.
Metodologi yang digunakan
Dalam
rumusan tujuan khusus diatas sudah diberikan beberapa contoh rincian komponen.
Kini cobalah kita rinci komponen lain yang belum dirinci, kemudian lanjutkan
dengan menyusun tabel hubungan antara komponen-indikator-sumber data-
motode-indikator. Jika sudah selesai, lanjutkan membuat kisi-kisi untuk penyusunan
instrument sebagai bantuan petunjuk, untu dapat menentukan sumber data dengan
tepat karena program piknik ini menyangkut kepuasan semua pihak dan manusia
merupakan sumber utama.
f.
Prosedur kerja dan langkah-langkah
kegiatan
Cara
menuliskan prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan karena sudah mendapat
penjelasan dan contoh, tentu tidak akan mendapat kesulitan andai kata
pengisiannya diserahkan kepada anda.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi and Jabar, Cepi Safrudin Abdul. 2008. Evaluasi Program
Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Komentar
Posting Komentar